Kamis, 07 November 2013

Di Balik Larangan Khalwat


Perintah untuk tidak berkhalwat [berdua-duan] antara seorang pria dan wanita yang bukan mahram selama ini dipatuhi seorang mukmin sebagai ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. tapi, kebanyakan kita tidak tau alasan ilmiah dibalik perintah tersebut. kenapa hal tersebut dilarang dan dianggap berbahaya dalam Islam ? bagian tubuh mana yang sangat berpengaruh terhadap kondisi ...khalwat ?


Sebuah penelitian membuktikan bahaya berkhalwat tersebut yang dimuat dalam Daily Telegraph. para peneliti di Universitas Valencia, Spanyol menegaskan bahwa seorang yang berkhalwat dengan yang bukan mahram akan menyebabkan kenaikan sekresi hormon kortisol. hormon kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab terjadinya stres dalam tubuh. "cukuplah anda duduk selama 5 menit dengan seseorang yang bukan mahram, anda akan memiliki proporsi tinggi dalam peningkatan hormon tersebut".

Dari Ibnu Abbas mengatakan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda "janganlah seorang pria berkhalwat dengan seorang wanita kecuali jika bersama dengan mahrom sang wanita tersebut. lalu berdirilah seseorang dan berkata 'wahai Rasulullah, istriku keluar untuk berhaji dan aku telah mendaftarkan diriku untuk berjihad pada perang ini dan itu, maka Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda kembalilah dan berhajilah bersama istrimu'" (Riwayat Bukhari dan Muslim)


Selanjutnya para ilmuwan mengatakan bahwa hormon kortisol sangat penting bagi tubuh dan berguna untuk mendorong kinerja tubuh. tetapi dengan syarat peningkatan proporsi hormon kortisol rendah. jika hormon tersebut meningkat cepat dan berulang-ulang maka dapat menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung dan penyakit tekanan darah tinggi, dan berakibat pada penyakit diabetes dan penyakit lainnya yang mungkin meningkatkan nafsu seksual.


Pola yang terjadi pada pasangan yang melakukan khalwat menyerupai proses yang terjadi pada mereka yang mengalami stres yang tinggi. fenomena ini hanya terjadi ketika seorang pria berkhalwat dengan seorang wanita yang bukan mahrom dan stres tersebut akan terus meningkat pada saat wanitanya memiliki daya tarik lebih besar.


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda "janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan seorang wanita karena sesungguhnya syaitan menjadi orang ketiga diantara mereka berdua" (Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban) 


Klik sumbernya (y) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar